Cara Budidaya Tanaman Anggrek yang Baik

Cara Budidaya Tanaman Anggrek yang Baik

Sebagai tanaman hias, penampilan bunga anggrek berkesan indah dan artistik. Mahkotanya pun beraneka warna. Perlu diketahui bahwa tanaman anggrek ternyata mampu meningkatkan perekonomian para petani anggrek. Apa bila kamu atau orang tuamu belum pernah membudidayakan anggrek, buku ini akan mengantarkanmu anda untuk mengenal anggrek, membudidayakannya, merawatnya, bahkah sampai cara memasarkan anggrek.

Kegiatan pemberdayaan anggrek ini akan sangat menguntungkan sehingga dapat meningkatkan perekonomian. Membudidayakan anggrek itu mudah, karena untuk menanamnya tidak membutuhkan lahan yang luas. Di lahan yang sempit pun bisa dilakukan. Apabila di budidayakan di lahan yang luas, tentu hasilnyapun juga lebih banyak.

Budi daya anggrek dapat dilakukan disela-sela waktu sekolah, Misalnya, kamu sebagai seorang pelajar dapat melakukannya setelah belajar di rumah. Seorang pegawai bisa melakukannya setelah pulang kerja, dan seorang ibu rumah tangga dapat melakukannya setiap saat setelah selesai mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Budi daya anggrek ini mudah dan sangat menyenangkan’, serta dapat mendatangkan uang. Tidak mustahil bila banyak orang melakukan pembudidayaan anggrek di rumah mereka sekalipun lahan yang mereka miliki sangat sempit. Dengan lahan sempit kamu bisa memanfaatkan pohon, tiang bambu, kayu penyangga bersusun, pohon buatan, atau mungkin pot sebagai tempat budi daya anggrek.

Tumbuhan anggrek banyak dijumpai di hutan tropis. Anggrek termasuk tumbuhan epifit yaitu tumbuhan yang hidupnya menempel pada tumbuhan lain, tetapi tidak parasit karena tidak mengambil makanan dan unsur hara yang lain dari tumbuhan yang ditumpanginya. Anggrek punya akar khusus yang disebut akar nafas karena dapat mengumpulkan air dan mineral dari air hujan, embun, dan udara, serta menyimpannya pada batang dan daun.

Bunga bukan hanya indah dipandang, tetap” juga sebagai alat perkembangbiakan pada tumbuhan. Di dalam bunga terdapat benang sari sebagai √©lat kelamin jantan dan putik sebagai alat kelamin betina.

Asal Mula Bunga

Tumbuhan berbiji atau spermatophyta telah ada sejak 150 juta tahun yang lalu, dan mulai dibudidayakan sebagai bahan makanan dan obat-obatan. Setelah itu dibudidayakan untuk keindahannya.

Bangsa Cina purba mulai mempelajari bunga sebagai salah satu bentuk seni dan bangsa Romawi memuja flora sebagai dewi Bunga. Tumbuhan berbiji/Spermatophyta terbagi menjadi Angiospermae (tumbuhan dengan biji terbungkus daun buah) dan Gymnospermae (tumbuhan dengan biji tidak terbungkus daun buah). Gymnospermae tidak memiliki bunga, sedangkan Angiospermae memiliki bunga.

Angiospermae terdiri dari 2 kelas yaitu:

1. tumbuhan dycotiledone / berkeping dua, dan

2. tumbuhan monocotiledone / berkeping satu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *