Cara Tanam Anggrek yang Benar

A. Menyiapkan Lahan

Lahan yang disiapkan untuk menanam anggrek tidak harus luas. Lahan yang sempitpun bisa digunakan. Berapapun ukuran tanah, tidak menjadi masalah.

B. Mempersiapkan Tempat Menempel Tanaman Anggrek

Berikut ini ada beberapa sarana untuk menempel tanaman anggrek.

Bantalan dapat terbuat dari akar tanaman paku-pakuan atau pakis yang sudah tidak terpakai. Biasanya dapat diperoleh atau dibeli di agen tanaman hias. Selain itu, kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan sabut kelapa, kegunaan bantalan ini untuk tempat menempel tanaman anggrek.

Di dalam bab ini akan dibahas cara membudidayakan tanaman hias anggrek mulai dari cara membuat bantalan anggrek, membuat ram dari bambu atau kayu, membuat pohon tiruan, pencarian bibit, memperbanyak tanaman anggrek, dan perawatan.

C. Cara Membuat Bantalan Anggrek

Tanaman anggrek perlu bantalan sebagai tempat akar-akar anggrek tersebut tumbuh dan menyebar. Bantalan tersebut dapat dibuat sendiri dengan akar tumbuhan paku atau tumbuhan pakis. Apabila kamu tidak mendapatkan akar tumbuhan pakis atau tumbuhan paku, kamu dapat menggantinya dengan sabut kelapa. Setelah kamu mendapatkan akar pakis atau sabut kelapa, akar pakis atau sabut kelapa tersebut kamu tata sehingga menjadi bentuk yang rapi sesuai dengan keinginan.

Letakkan batang tanaman anggrek pada bantalan akar atau sabut kelapa. Kemudian, ikatkan pada tanaman atau sarana lainnya yang sudah disiapkan.

D. Pencarian Bibit Anggrek

Bibit anggrek bisa diperoleh dari teman yang memiliki anggrek. Atau bila mempunyai modal, kamu bisa membelinya di agen penjual tanaman hias. Kamu bisa membeli beberapa potong anakan anggrek. Satu batang anggrek bisa berkembang biak menjadi banyak, lalu kamu ambil sebagian batangnya untuk

E. Cara Memperbanyak Tanaman Anggrek

Gantungkan bibit-bibit anggrek pada ram bambu yang telah tersedia. Buatlah lebih dari satu ram supaya kamu bisa menempatkan lebih banyak tanaman anggrek. Kamu juga bisa menanamnya di pohon-pohon yang sudah kamu miliki atau di pohon tiruan.

Bila tanaman bertambah banyak, kamu bisa mengambil sebagian batang untuk dipindah ke tempat yang lain sehingga tanaman anggrek lama-lama semakin banyak. Jangan khawatir dengan pohon yang ditempeli anggrek karena anggrek bukan tanaman parasit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *