Jenis Penyakit Selada Organik dan Penanggulangannya

Penyakit daun kuning

Penyakit daun kuning disebabkan oleh virus aster. Virus aster pertama kali ditemukan pada tanaman aster. Gejalanya yaitu daun yang masih muda menjadi kuning.

Pada tanaman yang telah membentuk krop, daun bagian dalam mula-mula berwarna kuning, kemudian berubah putih, Serangan pada saat masih muda, tanaman tidak membentuk kepala. Penyebar virus ini kemungkinan oleh kutu aphid atau belalang.

Pada umumnya, virus belum dapat diberantas. Upaya yang dapat dilakukan hanya dengan pencegahan, seperti mencabut dan membakar tanaman yang sakit, membersihkan tangan setelah memegang tanaman sakit, membersihkan gulma, dan mengendalikan kutu-kutu yang menjadi vektor.

Penyakit mosaik sebagai penyebabnya adalah virus mosaik selada (lettuce mosaic virus, LMV). Serangannya ditandai dengan daun yang berwarna mosaik atau berwarna-warni antara hijau, hijau muda, hijau pucat, dan kuning pucat.

Virus ini umumnya disebarkan oleh kutu aphid. Beberapa cara pengendalian yang dapat dilakukan yaitu tanaman sakit dicabut dan dibakar, vektor (kutu aphid) diberantas, gulma dibersihkan, dan ditanamnya benih yang bebas virus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *