Klasifikasi Jenis-jenis Buah Naga Bagian 2

Buah naga berkulit kuning dengan daging putih, mempunyai ukuran paling kecil jika dibandingkan dengan jenis lainnya, hanya sekitar 80-100 gr. Oleh karena itu, buah naga berkulit kuning ini tidak sesuai untuk 1 dikomersilkan. Buah naga jenis ini biasanya ditanam di daerah dingin dengan ketinggian lebih dari 800 meter di atas permukaan laut.

Buah naga berkulit kuning memiliki batang hijau ramping, tepiannya tidak tajam. Bunga berwarna putih. Panjang bunga sekitar 30 cm, dengan daun-daun pelindung kecil.

Jenis-jenis lain dari buah naga yang umumnya hanya ditanam sebagai tanaman hias adalah sebagai berikut. Hylocereus calcaratus yang asalnya dari Costa Rica. Batangnya lembut, hijau dengan lekukan yang jelas. Panjang bunga sekitar 35-37 cm, dan lebamya 20-30 cm.

Hylocereus escuintlensis yang berasal dari Guatemala. Batang hijau dengan tepian cokelat. Panjang bunga 28-31 cm, lebamya sekitar 24-36 cm.

Hylocereus mznutzflorus, asalnya dari Guatemala, Honduras. Batang hijau. Bunganya memiliki semacam duri kaku pada bagian ‘ bawahnya. Bunga berwarna merah, panjangnya 5 cm dan lebarnya 8-9 cm.

Hylocereus monacanthus (termasuk H. lemairez), yang berasal dari Costa Rica hingga Amerika Selatan. Batang berwarna hijau abu-abu, dengan tepian tajam. Panjang bunga dapat mencapai 30 cm. Mahkota bunga berwarna putih, bagian bawah merah jambu. Corong bunga berupa daun-daun pembalut yang letaknya renggang. Kepala putik biasanya bercabang dua. Buahnya merah dengan daging buah berwarna hijau.

Hylocereus triangularis (termasuk Hylocereus cubensis) asalnya dari Kuba, Haiti, :Republik Dominika, dan Jamaika. Batangnya hijau, ramping. Panjang bunga sekitar 20 cm. Dasar bunga dengan sisik-sisik lebar bertumpukan.

Hylocereus ocamponis (termasuk H . guatemalense, H. purpurszs)asalnya dari Mexico dan Guatemala; Batangnya berlilin putih, tepian tajam dengan duri sepertijarum. Panjang duri + 12 mm. Panjang bunga 25-32 cm. Bagian daun-daun tenda bunga bagian dalam berwarna putih. Daun-daun pembalut bunga saling bertumpukan dengan tepian berwama ungu.

Hylocereus setaceus. Batangnya berwarna hijau, agak berduri. Panjang bunganya 19-22 cm. Bracteanya kecil. Bunganya mirip . dengan H. Selenicereus. Buahnya merah. Bata Hylocereus setace Hylocereus stenopterus asalnya dari Costa Rica. Batangnya kecil, lembut, berwarna hijau, Panjang bunganya 9-10 cm, lebarnya 1315 cm. Corong bunga pendek, daun-daun tenda bunga merah keunguan. Hylocereus trigonus (termasuk H. napoleonsis, H. antiguensis). Aslinya dari Puerto Rico selatan sampai Grenada. Batang hijau, pinggiran .tidak tajam. Panjang bunga sekitar 22 cm, lebarnya 21 cm. Bagian bawah bunga bersisik kecil, sempit, kadang berduri. Buahnya merah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *