Langkah dari Mulai Memanen hingga Menjual Tanaman Anggrek

A. Pemanenan

Pada saat tanaman anggrek berumur sekitar 2,5 bulan, kamu beri obat perangsang pertumbuhan bunga. Seminggu setelah pemberian obat’perangsang pertumbuhan bunga bisanya tanaman anggrek langsung berbunga. Kamu akan mendapatkan bunga yang indah.

Setelah bunga-bunga anggrek itu bermekaran, baru siap dipanen. Kamu ambil bunga-bunga anggrek yang sudah mekar, sedangkan yang masih kuncup, kamu biarkan untuk kamu panen pada hari-hari berikutnya. Bunga-bunga anggrek yang sudah mekar itu dapat bertahan cukup lama. Oleh sebab itu, mengapa bunga anggrek sangat disukai orang.

Bunga yang sudah di panen dapat di jual.

Cara menjual:

1. Kamu bisa menjualnya sendiri di rumah dengan cara memasang papan ‘Jual Bunga Anggrek’ di halaman depan rumahmu.

2. Kamu juga bisa mengontrak tempat yang strategis, kemudian menempatkan bunga-bunga anggrek di tempat tersebut sehingga banyak orang yang melihatnya. Lama-kelamaan banyak orang tahu bahwa kamu membudidayakan bunga anggrek dan menjualnya. Harga satu tangkai bunga anggrek berkisar antara Rp. 25. 000, 00 sampai Rp. 100.000, 00

3. Kamu bisa menjualnya ke agen-agen penjualan bunga, pasar bunga di daerahmu, atau di kota-kota besar.

Pertama yang kamu lakukan yaitu pergi ke agen atau pasar bunga. Selanjutnya, mengadakan perjanjian dulu dengan agen (orang yang mau membeli dalam jumlah banyak untuk dijual lagi kepada orang lain) apakah agen bunga itu bersedia menerima bunga yang kamu jual, dan sekaligus membicarakan masalah harga bunga perbatang, tangkai, atau perkeranjang.

Itu semua tergantung pada kesepakatan bersama antara kamu dan agen. Baru esok harinya atau dalam waktu yang telah ditentukan kamu bisa membawa bunga-bunga anggrek yang telah kamu panen dalam jumlah yang cukup banyak. Setelah kamu serahkan maka kamu akan mendapatkan uang sesuai dengan h’arga yang sudah disepakati bersama.

4. Bila kamu sudah dikehal oleh banyak agen, kamu akan dicari atau didatangi oleh agen-agen yang membutuhkan bunga anggrek. Dengan demikian kamu tidak usah lagi menawarkan. Cukup diam di rumah sambil nerawat bunga.

Banyak orang membutuhkan bunga anggrek untuk hiasan atau dekorasi di rumahnya atau untuk pesta perkawinan serta pesta-pesta yang lain karena selain bentuknya yang indah juga tahan lama.

Disamping indah, bunga anggrek yang sudah dipetik mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama, kira-kira 2 minggu. Sedangkan, bunga yang masih menempel di pohonnya mampu bertahan sampai 2 bulan.

Proses penanaman dan perawatan tanaman anggrek sangat mudah. Siapa saja bisa menanam dan merawatnya. Kamu cukup mengambil beberapa potong anakan anggrek, kemudian menanamnya di bantalan atau pot atau yang lainnya kemudian di rawat dengan baik. Kamu jual sendiri di rumah atau dijuai di agen-agen tanaman hias. Dari situlah kamu akan memperoleh keuntungan.

Selain menyenangkan, pemberdayaan bunga anggrek juga akan menghasilkan uang. Oleh sebab itu, mari mulai sekarang . kamu menanam bunga anggrek dengan cara yang baik dan teratur, kemudian hasilnya bisa kamu jual di agen atau pasar bunga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *