Syarat Tumbuh Tanaman Anggrek

Berikut ini ada beberapa persyaratan tumbuh tanaman anggrek yang perlu. diketahui agar tanaman anggrek yang kamu miliki tetap dalam kondisi sehat.

Persyaratan tumbuh tanaman anggrek :

1. lingkungan terbuka, 2. keadaan udara lembap, den 3. sirkulasi udara cukup.

Dengan kondisi yang demikian tanaman anggrek akan akan sehat dan mudah berbunga.

Bila kamu mendapatkan bibit anggrek tanah maka ikutilah cara penanaman berikut:

1. Pisahkan sebagian kecil rumpun muda paling sedikit 3 batang dari induknya atau anakkan yang berada di ujung batang. Bila hasilnya baik, gunakan rumpun sisi yang umurnya masih muda. Jika dari rumpun yang sudah tua hasilnya kerdil-kerdil.

2. Akarnya yang sudah tua dibuang.

3. Cuci akar dengan air bersih.

4. Letakkan akar pada dasar lubang yang terlebih dahulu digemburkan tanahnya.

5. Akar ditimbun tanah yang telah dicampur dengan kompos atau pupuk kandang.

6. Siram tanamannya kemudian padatkan tanah di sekitarnya.

Cara memperbanyak anggrek tanah di pot Anggrek tanah dapat ditanam di pot.

Kelebihannya adalah tanaman bisa ditempatkan di teras atau halaman rumah. Penanaman anggrek dalam pot ini sangat mudah dan sederhana. Kamu cukup melakukannya dalam empat tahap.

1. Pilih anggrek tanah. ldealnya bahan tanaman setinggi 50 – 60 cm. Bila tanaman melengkung, sebaiknya potong akar yang muncul di batang supaya tidak melengkung. Syarat pemotongan paling sedikit tiga akar udara.

2. Siapkan pot berukuran minimal 15 – 20 cm. Sediakan juga media yang dapat menahan kelembapan. Contohnya, cacahan pakis atau serbuk sabut kelapa dan bagian bawahnya diberi arang.

3. Topang tanaman dengan menggunakan kawat. Kawat dibentuk seperti penjepit sehingga dapat diselipkan di pinggir pot kawat yang tegak diarahkan ke tengah, batang anggrek diikatkan ke kawat. Letakkan tanaman di tempat yang teduh kemudian sirami setiap hari serta berilah pupuk organikdan anorganik secara selang-seling. Kedua pupuk itu disemprotkan ke daun.

Bisa juga diberikan lewat tanah, tetapi terlebih dahulu dilarutkan lewat air. Tanaman anggrek ini bisa diberi pupuk perangsang bunga agar cepat berbunga.

4. Tanaman anggrek ini dapat dirangsang berbunga setelah dua bulan atau kalau akar sudah mulai keluar dari batang.

Tunas bunga akan muncul setelah setengah bulan pemberian pupuk perangsang bunga. Contoh pupuk yang diberikan yaitu Gawota 67, Super Topsroil, atau Vitabloijunga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *